Ford EcoSport, Terlalu Murah untuk Fitur Premiumnya?

Diposkan oleh Sulistyo , Selasa, 11 Maret 2014 11.01

PT Ford Motor Indonesia (FMI) baru saja membuka jalan pemasaran EcoSport dengan kampanye ”Urban Discoveries”, beberapa hari lalu. Harga untuk SUV perkotaan itu juga mulai dibeberkan, mulai Rp 195,4 juta hingga Rp 242,4 juta on-the road Jakarta, dan memiliki pilihan varian Ambiente (MT), Trend (AT/MT), dan Titanium (AT/MT). Harga Mobil Ford Ecosport 2014


Banderol tersebut cukup mengejutkan, mengingat sejumlah fitur papan atas yang siap memanjakan pengemudi dan penumpang. Ekspektasi masyarakat urban terhadap mobil tidak sekadar stylish, tetapi juga penuh fitur, serta tangguh melintasi berbagai medan. Terlebih lagi, akhir-akhir ini banjir mengancam berbagai daerah, khususnya Ibu Kota.

KompasOtomotif masih ingat, ketika berbincang dengan Managing Director FMI Bagus Susanto beberapa waktu lalu, ia mengatakan bahwa salah satu nilai jual SUV kompak tersebut adalahground clearance tinggi, mencapai 200 mm. Diklaim, mobil ini mampu melibas genangan air dengan kedalaman 55 cm atau setinggi lutut orang dewasa (170 cm). Banjir? Kemungkinan besar aman.

Segudang fitur
Tak hanya itu, EcoSport menjadi semakin ”worth it” ketika dengan harga sekelas duo kembar Rush-Terios, ia diganjar banyak fitur canggih. Andalan utamanya tentu Microsoft SYNC, sistem pada head unit yang mampu mengenali perintah suara dalam bahasa Inggris, untuk mengatur audio tanpa harus mengalihkan konsentrasi mengemudi. Teknologi ini juga bisa diintegrasi dengan ponsel lewat Bluetooth, untuk menerima dan melakukan telepon lewat speaker mobil, bahkan membacakan SMS masuk.

Kantong udara sudah jadi hal yang wajib sebagai perangkat keselamatan. Selain itu, mobil dilengkapi pula dengan kontrol traksi dan kontrol stabilitas (electronic stability program). Belum cukup, masih ada hill start assist yang mampu menahan mobil agar tidak mundur ketika berhenti di tanjakan, saat hendak kembali melaju. Transmisi otomatik 6-percepatan dual clutch powershiftbiasanya ditemukan di mobil-mobil balap dan premium, seperti Porsche, Audi, ataupun Lamborghini.

Semakin cantik ketika Ford menambahkan fitur daytime running lights (DRL) serta sensor cahaya, berikut sensor hujan yang membuat pengemudi serasa ”modern”. Dengan segudang fitur canggih itu, bisa jadi, apakah harga yang dipatok terlalu murah? Tentu ini membuat para pesaing terdekat seperti Toyota Rush, Daihatsu Terios, atau mungkin Nissan Juke harus waspada.

0 Response to " Ford EcoSport, Terlalu Murah untuk Fitur Premiumnya?"

Poskan Komentar